4 Kuil Shinto Paling Indah Di Jepang - struktur permanen dari kayu yang dibangun untuk pemujaan berdasarkan kepercayaan Shinto. Bangunan kuil Shinto dibangun dengan arsitektur tradisional Jepang. Walaupun dari luar terlihat seperti bangunan tradisional Jepang, kuil Shinto zaman sekarang dibangun dengan teknologi konstruksi modern berdasarkan standar bangunan antigempa dan anti kebakaran, termasuk penggunaan beton bertulang untuk sebagian bangunan kuil.

Berikut adalah 5 Kuil Shinto Paling Indah Di Jepang :




1. Kuil Yasukuni

kuil Shinto ini berada di Tokyo, Jepang. Kuil ini dibangun untuk mengenang para warga Jepang yang tewas dalam perang, termasuk 14 orang yang dinyatakan sebagai penjahat perang Kelas A setelah Perang Dunia II. Terhitung Oktober 2003, Buku Jiwa yang terdapat di dalam kuil tersebut mencatat 2.466.495 nama tentara Jepang dan tentara bekas jajahannya (Korea dan Taiwan) yang terbunuh dalam perang.




2. Kuil Meiji
Kuil Meiji, berlokasi di Shibuya, Tokyo. Merupakan Kuil Shinto yang didedikasikan untuk memuja arwah Kaisar Meiji dan istrinya, Permaisuri Shōken. Kuil Meiji dijadikan salah satu tempat kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton pada 2009. Setelah tiba di Tokyo dalam kunjungan luar negeri pertamanya sebagai menteri luar negeri dan untuk mewakili presiden terpilih baru Amerika Serikat Barrack Obama.


Ia terlebih dahulu mengunjungi Kuil Meiji untuk bertemu dengan pemimpin Jepang sebagai gambaran penghormatannya terhadap sejarah dan kebudayaan Jepang. Pada Januari 2010 Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle pun memperlihatkan pengormatan yang sama ketika ia memutuskan untuk mengunjungi kuil ini.




3. Fushimi Inari Taisha
Adalah kuil Shinto yang berada di Fushimi-ku, Kyoto, Jepang. Kuil ini merupakan kuil pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari. Kuil utama terletak di kaki Gunung Inari, dan tanah milik kuil mencakup gunung yang tingginya 233 meter. Selain itu, kuil ini berada dalam kelompok 7 kuil papan atas dari daftar 22 kuil utama. Dalam sistem lama peringkat kuil Shinto, kuil ini merupakan salah satu dari kuil resmi yang didanai pemerintah Jepang.




4. Izumo Taisha

Kuil Shinto ini berada di kota Izumo, Prefektur Shimane, Jepang. Nama resmi kuil ini adalah Izumo Ōyashiro. Kuil ini memuliakan Ookuninushi yang dikenal sebagai ikatan cinta dan perkawinan. Di seluruh Jepang, bulan ke-10 kalender lunisolar disebut Kannazuki atau Kaminashizuki (bulan tidak ada dewa), tetapi di Izumo disebut Kamiarizuki (bulan ada dewa). Alasannya pada bulan tersebut di kuil Izumo berlangsung pertemuan 8 juta dewa yang berkumpul dari seluruh Jepang. Pertemuan ini disebut Kamiari Matsuri dan berlangsung dari hari ke-11 hingga hari ke-17 bulan 10 kalender lunisolar.