4 Pulau Tersembunyi Yang Indah Di Danau Toba - Berbicara tentang keindahan dan keunikan danau Toba tidak akan ada habis habisnya. Masih banyak keindahan tersembunyi yang belum diketahui banyak orang. Di penjuru dunia semua orang mengetahui keindahan danau Toba disuguhkan dengan keindahan pulau Samosir di tengahnya.

Pulau Samosir kerap disebut sebagai penghias atau bunganya Sumatera Utara karena tepat berada di tengah danau Toba dan di tengah provinsi Sumatera Utara. Tapi, siapa sangka danau Toba yang menjadi danau terbesar se Asia Tenggara itu juga terdapat pulau-pulau lainnya yang mengapung di bentang luasnya air danau. Memang unik, misterius dan jarang didengar telinga.



Berikut adalah 4 Pulau Tersembunyi Yang Indah Di Danau Toba :


1. Pulau Sibandang


Surganya buah mangga, benar saja pulau ini memang menjadi salah satu sentra penghasil buah mangga dari Tapanuli Utara. Selain itu, letaknya juga berada persisi di Danau Toba menjadikan pulau ini tak kalah menarik dengan Pulau Samosir yang selama ini dikenal oleh masyarakat luas.


Maka dari itu Anda wajib untuk menggunjungi Pulau Sibandang yang berada di ketinggian kurang lebih 1173 meter dari atas permukaan laut dan dapat di akses dari Kota Muara, Balige dan Huta Nainggolan Pulau Samosir dengan menggunakan kapal motor. Pulau ini juga terkenal sebagai penghasil buah mangga yang enak dan manis rasanya.


Untuk menjelajahi Pulau Sibandang sangat disarankan pada pagi hari yang cerah. Selama ini masyarakat luas hanya mengetahui kalau wisata yang menarik di kawasan Danau Toba hanyalah pulau Samosir saja, ternyata banyak pulau-pulau kecil yang sangat menarik dan enggan rasanya kalau dilewatkan begitu saja.


2. Pulau Tulas

Sebuah pulau kecil yang masih perawan dan belum tersentuh sedikitpun oleh manusia, inilah pulau Tulas yang berada di kawasan Danau Toba, Kabupaten Samosir, perairan darat terluas di Asia Tenggara yang akan dijadikan sebagai wisata Geopark of Lake Toba oleh badan UNESCO.


Jika Anda sedang mendaki atau menaiki pussuk Buhit atau sedang menaiki transportasi air seperti kapal very dan speedboat, pulau ini nampak sangat jelas dengan hamparan warna hijau yang menyelimuti keseluruhan pulaunya. Selain itu, air danau yang berwarna kehijauan seolah memberi nuansa yang sangat eksotis dan mengagumkan mata.


Namun sayang sekali, pulau yang termasuk di kawasan Pangurua tempat ini tidak berpenghuni sehingga jarang ada yang berkunjung ke pulau tersendiri ini, hanya ditumbuhi oleh semak belukar dan berbagai jenis hewan yang mengisi kekosongan pulau hijau nan indah ini.


3. Pulau Tolping

Pulau ini terletak di kabupaten Dairi, tepatnya disebuah desa wisata yang lebih dikenal dengan sebutan sebagai desa Silalahi. Masyarakat di kawasan danau Toba sendiri menyebutkan bahwa daerah Silalahi merupakan ujung dari danau toba karena hanya di daerah inilah danau toba dapat diukur kedalamannya.


Pulau ini memang terlihat kecil, namun sangat mengagumkan karena dihubungkan oleh batu-batuan kecil yang tersusun secara rapi oleh alam, batuan ini juga membujur sampai menuju pulau eksotis ini.


4. Pulao Tao

Pulao Tao adalah sebuah pulau yang amat kecil yang terletak sangat dekat dengan pulau Samosir. Pulau Tao yang sering juga disebut sebagai pulau Malau ini terletak persis di kawasan kecamatan Simanindo, jaraknya kira-kira 10 menit dengan kapal dari kota Simanindo yang berada di pulau Samosir.


Kota Simanindo sendiri terletak dipertengahan antara Pangururan dengan Tomok. Terdapat pula sebuah restoran di pulau ini yang disyalir satu-satunya bangunan disepanjang kawasan pulau Tao yang panjangnya hanya sekitar 1 kilometer ini.


Dulu sempat ada penginapan, namun sayang karena sepi pengunjung menyebabkan hotel ini ditutup. Menikmati pulau Tao cukup menarik, selain tempatnya yang jauh dari hiruk pikuk manusia, Anda juga dapat memandangi kontur gunung bukit barisan yang terlihat sangat jelas dari pulau ini.