Struktur Bangunan Prasejarah Paling Misterius Di Dunia - Banyak sekali misteri yang sampai sekarang ini belum terpecahkan baik secara logika maupun secara ilmiah. Dari beragamnya misteri misteri di dunia ini, ada beberapa peninggalan berupa konstruksi bangunan atau patung yang diperkirakan dibuat pada zaman prasejarah yang sampai sekarang masih menjadi misteri karena belum terkuak apa maksud dibuatnya, siapa pembuatnya, ditujukan untuk siapa atau apa dan lainya.

Berikut adalah 5 Struktur Bangunan Prasejarah Paling Misterius Di Dunia :




1. Men-an-Tol

Men-an-Tol adalah beberapa formasi batuan yang disusun berdiri tegak yang salah satu di antaranya berupa batu dengan lobang di tengahnya. Men-an-Tol yang terletak di Cornwall, Inggris ini diperkirakan adalah simbol pemujaan terhadap dewa dewa zaman dahulu, namun beberapa arkeolog tidak setuju akan pendapat itu. Seperti halnya struktur bangunan prasejarah lainnya, sampai saat ini misteri dari Men-an-Tol belum terpecahkan.




2. Callanish Stones

Callanish Stones adalah batu batu yang dipajang berdiri. Callanish Stones yang terletak di Outer Hebrides, Skotlandia ini terdiri dari 13 batu raksasa dengan tatanan melingkar. Sampai sekarang, fungsi dan siapa pembuat Callanish Stones masih menjadi perdebatan di kalangan arkeolog dunia.




3. Gobekli Tepe
Gobekli Tepe adalah struktur bangunan aneh yang terletak di timur laut Sanliurfa, Turki. Menurut para arkeolog, struktur tersebut dibuat sekitar 11 ribu tahun lalu. Bahkan ada anggapan bahwa bangunan ini lebih tua dari piramida Giza, Mesir.


Sampai sekarang pun, Gobekli Tepe masih menyimpan misteri karena para arkeolog masih memperdebatkan fungsi dari struktur tersebut. Ada yang menyebutnya sebagai tempat penimbunan hasil buruan ada pula yang mengatakan sebagai tempat peribadatan.




4. Stonehenge

Sampai saat ini pun, masih terjadi perdebatan terkait berapa umur dari Stonehenge yang terletak di Larkhill, Wiltshire, Inggris ini. Perkiraan awal, batu-batu tersebut dibuat dan ditata sekitar 2500 tahun SM, namun dari dekade ke dekade, terus ada revisi dari para ilmuwan dan arkeolog.


Tidak hanya umur pembuatannya saja, siapa pembuat, tujuan apa dibuatnya dan ditujukan kepada siapa juga masih menjadi misteri sampai sekarang. Tidak sedikit ilmuwan atau orang awam yang meyakini bahwa Stonehenge dibuat oleh alien karena tentunya tidak mungkin di zaman tersebut, orang orang mampu memindahkan batu dengan bobot puluhan ton dan menatanya secara simetris.




5. Stone Spheres

Pada tahun 1940-an, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat, United Fruit Company, menemukan banyak sekali bola bola besar yang terbuat dari batu di Kosta Rika. Antara satu dengan lainnya, ukuran bola-bola tersebut tidak ada yang sama.


Uniknya, bentuk dan desain dari bola bola tersebut sangat presisi atau benar-benar bulat dan tidak ada cacat sama sekali. Bola-bola yang diperkirakan dibuat sekitar 600 M tersebut sampai sekarang masih ada dan tetap menjadi misteri, siapa pembuatnya, untuk apa dan ditujukan ke siapa.